Bantu padamkan api di Sumsel, 2 SSK Brimob Jambi dan Bengkulu dikerahkan

0
66

Sebanyak dua satuan setara kompi (SSK) Brimob dari Polda Jambi dan Bengkulu dikerahkan untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Sumsel. Sementara tim satgas masih berjibaku menjinakkan api di lapangan.

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Bimo Anggoro mengungkapkan, Brimob bantuan tersebut akan disebar di sejumlah daerah yang terjadi karhutla, seperti di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, dan Ogan Ilir. Mereka bertugas hingga musim kemarau berakhir.

“Mereka akan membantu pemadaman api karhutla di Sumsel dalam waktu dekat hingga musim kemarau ini selesai,” ungkap Bimo, Senin (30/7).

Dikatakannya, Polri dan TNI komitmen menangani persoalan karhutla. Bahkan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara sudah menginstruksikan untuk menembak di tempat bagi pelaku yang tertangkap tangan membakar hutan.

“Danrem 044 Garuda Dempo sebagai Kasatgas Karhutla Sumsel sudah terjun langsung. Selain memadamkan api, tim juga bertugas mengontrol jika ada yang dengan sengaja membakar,” ujarnya.

Sementara itu, Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Septiyaniza mengatakan, tim satgas karhutla sudah disebar ke beberapa titik api di wilayah OKI dan Ogan Ilir. Dua hari lalu, karhutla terjadi di delapan desa di tujuh kecamatan di dua kabupaten itu.

“Semua titik api sudah berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Dikatakannya, satgas karhutla yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, polri, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan tim terpadu lainnya juga, terus berjibaku mengantisipasi meluasnya areal karhutla. Dan juga memantau munculnya titik api yang dapat berpotensi menimbulkan kebakaran.

“Ini semua kita lakukan untuk mensukseskan Asian Games di Palembang,” katanya.